Indonesia Environmental Summit

Indonesia Environmental Summit (IES) 2015 merupakan kegiatan nasional yang diadakan oleh BEM KM Universitas Padjadjaran (UNPAD), dengan tema menggusung” Green Life Style Orientation for Indonesia (GLORY) “. Dengan tujuan utama yakni mewadahi mahasiswa sebagai inisiator muda untuk turut terlibat aktif dalam memecahkan masalah terkait lingkungan serta dapat di aplikasikan pada daerah masing – masing. Fakultas Kehutanan Unmul mengirimkan satu delegasi melalui seleksi essay lebih dari 470 applicant, dengan 133 peserta terseleksi dari 33 perguruan tinggi se-Indonesia.. Kegiatan berbasis lingkungan ini diadakan di Universitas Padjajaran (UNPAD), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, pada tanggal 5 – 8 November 2015. Selain mengenalkan lingkungan, mahasiswa diajak turun langsung ke masyarakat sebagai bentuk implementasi kegiatan ini.
Acara ini juga menghadirkan beberapa tokoh hebat yang professional dalam bidang Lingkungan. Diantaranya Meteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Dr. Hilman Nugroh (DirektuIMG_7218IMG_9265.JPGr Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung) dan Bapak Arief Yuwono (Staf Ahli Menteri Bidang Energi ) untuk memberikan beberapa materi terkait lingkungan.
Kegitan yang hadiri 45 kampus di Indonesia ini juga menghadirkan 11 pembicara, 16 komunitas NGO dan Green Business. Pembicara dalam kegiatan IES 2015 yakni guest star keren dari Kang Aat (aktivis lingkungan dan budayawan), Kementerian Lingkungan Hidup, Tasya Kamila (komunitas/Duta Lingkungan Indonesia ), Nesha (dari Youth 4 Arctic), Carlos (dari HiLo Green Ambassador), YSEALI, WWF, dan berbagai macam lainnya.
“Youth 4 Arctic bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa pemanasan global tidak dapat dihentikan, namun dapat diperlambat. Bayangkan saja, setiap tahunnya es di kutub mencair setidaknya 8 meter. Ini benar-benar membuat kami syok,” ujar Nesha dari Youth 4 Arctic.
Secara garis besar, IES 2015 adalah serangkaian acara yang saling berkaitan rangkaian acara ini adalah IYGPC (Indonesia Youth Green Project Competition), Indonesia Environmental Conference, Green Expo, dan Arboretum Festival.
Perwakilan tiap pulau yakni Pulau Kalimantan ,Universitas Mulawarman yakni Eko Aji Mustiko ( Mahasiswa Fakultas Kehutanan ), Pulau papua oleh Cahya Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, Pulau Sulawesi Oleh Universitas Hasanuddin, Pulau Jawa oleh Universitas Padjadjaran, Bandung, Pulau Sumatera oleh Universitas Syah Kuala, Aceh memperoleh Pohon sebagai tanda penghargaan dari pulau yang dipengangnya. Sekaligus penendatangan peta Indonesia yang terbuat dari botol plastik.
Inti dari kegiatan keseluruhannya adalah :
1. Pemanasan global menyebabkan pencairan es di kutub Utara setinggi 8 meter/tahun. Sehingga, generasi penerus diharapkan dapat memperlambat pencairan es dengan mengurangi pembuangan gas emisi. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi daging dan penggunaan transportasi.
2. NGO mendukung pembentukan Laskar Bumi di setiap kampus sebagai upaya untuk Green Campus.
3. Penandatanganan deklarasi sebagai komitmen para peserta, meliputi gaya hidup ramah lingkungan, merealisasikan green campuss, responsif terhadap isu lingkungan, dan mengajak rakyat untuk turut menjaga bumi.
4. Pengimplentasian kegiatan dengan turun langsung ke masyarakat di daerah Cinenggeng (sekitar Universitas Padjajaran, Jatinangor) dan mengkonversi plastic menjadi reusable bag.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s